Berita Bola Internasional: Pimpinan La Liga: “Proposal Liga Super UEFA Membahayakan”

Berita Bola Internasional

Berita Bola Internasional, La Liga Spanyol dalam bahaya karena proposal dari badan sepakbola Eropa (UEFA) untuk menciptakan Liga Champions yang sebagian besar akan ditutup untuk orang luar, Javier Tebas mengatakan.

UEFA bekerja sama dengan Asosiasi Klub Eropa (ECA), yang anggotanya termasuk klub terbesar Eropa, untuk mendesain ulang Liga Champions mulai tahun 2024 dan seterusnya, tetapi belum memberikan perincian tentang proposal dengan mengatakan diskusi berada pada tahap awal.

Berita Bola Internasional, Namun, beberapa sumber dengan pengetahuan tentang masalah ini mengatakan kepada Reuters bahwa ada proposal konkret untuk membuat liga Eropa dengan tiga divisi, dengan promosi dan degradasi di antara masing-masing.

Divisi teratas akan setara dengan Liga Champions saat ini dan akan memiliki 32 tim, tetapi dibagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari delapan tim dan bukan delapan kelompok yang terdiri dari empat tim. Ini berarti setiap tim memainkan 14 pertandingan penyisihan grup.

Berita Bola Internasional, 24 tim akan lolos secara otomatis untuk kompetisi tahun berikutnya dengan empat lagi dipromosikan dari tingkat kedua – saat ini Liga Europa – dan hanya empat tempat yang terbuka bagi juara 54 liga domestik Eropa.

Dan hal ini akan mengubah tradisi tim yang memenuhi syarat untuk kompetisi Eropa melalui liga domestik mereka.

“Mereka berbicara tentang reformasi Liga Champions, tetapi sebenarnya ini adalah kompetisi baru. Liga (domestic) telah menjadi cara kualifikasi untuk Liga Champions tetapi itu tidak akan menjadi masalah lagi,” kata Tebas dalam sebuah program di saluran televisi Goal. “Sejumlah klub akan didirikan yang selalu berada di antara 32 tim. Pada skala dari 10, tingkat kekhawatiran saya adalah 7 hingga 8.”

“Apakah La Liga dalam bahaya? Ya, tanpa diragukan. UEFA tidak dapat melakukan ini dan kami ingin meyakinkan lembaga lain bahwa hal semacam ini tidak dapat dilanjutkan. Kami sedang mengerjakan strategi.”

Mengacu pada kompetisi yang diusulkan sebagai Liga Super, ia menambahkan: “Hak siar di Eropa akan berubah. Akan ada lebih sedikit uang untuk dibagikan di sekitar klub lain …. dan dalam empat atau lima tahun, ketidaksetaraan akan sangat besar.”

Pekan lalu, Lars-Christer Olsson yang merupakan kepala kelompok pelindung Liga Eropa yang termasuk La Liga, mengatakan situasi saat ini lebih mengkhawatirkan daripada di tahun 1990-an, ketika klub-klub top mengancam untuk membentuk liga yang memisahkan diri.

“Masalahnya adalah bahwa diskusi berlangsung antara klub dan UEFA dan itu berarti liga tertutup di bawah payung UEFA,” katanya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *